Analisa Indikator Waktu Tunggu Pelayanan Resep dan Kesesuaian Resep Dengan Formularium Yang Berdampak Pada Pencapaian Standar Pelayanan Minimal Bidang Farmasi

  • Susi Shorayasari STIKes Banten
  • Riksa Wibawa Resna STIKes Banten
  • Rangga Wira Saputra STIKes Banten
Keywords: Waktu tunggu, Formularium Obat, pencapaian SPM

Abstract

Waktu pelayanan resep dan kesesuaian penulisan resep dengan formularium merupakan indikator standar pelayanan minimal (SPM) rumah sakit bidang farmasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran rata-rata waktu pelayanan resep dan mengetahui persentasi penulisan resep sesuai dengan formularium lalu membandingkan dengan SPM bidang farmasi yang seharusnya dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian SPM bidang farmasi di rumah sakit Medika BSD. Metodologi Penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dengan jumlah sampel sebanyak 323 resep yang ditentukan secara accidental sampling. Hasil Penelitian rata-rata waktu tunggu untuk resep obat jadi yaitu selama 25 menit, dan untuk resep obat racikan yaitu 38 menit. Persentase penulisan resep yang tidak sesuai dengan formulariumrumah sakit Medika BSD yaitu sebesar 1%. Ada sebanyak 25 % dari jumlah sampel pelayanan resep obat jadi dan ada 1% pelayanan resep obatĀ  racikanĀ  yang belum sesuai dengan SPM.

References

Ayuningtyas, P, 2011, Analisis Waktu Tunggu Pelayanan ResepPasien Umum di Depo Farmasi Rawat Jalan RS Karya Bhakti Tahun 2011, Tesis,Universitas Indonesia,Depok.

Departemen Kesehatan RI, 2008,Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.129/Menkes/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Saki,Depkes RI,Jakarta.

Departemen Kesehatan RI, 2014,Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 58 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit, Depkes RI,Jakarta.

Departemen Kesehatan RI, 2010,Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 340/Menkes/Per/III/2010 Tentang Klasifikasi Rumah Sakit,Depkes RI,Jakarta.

Fahrurazi, 2014,Kesesuaian Penulisan Resep Dengan Formularium Pada Pasien Umum Rawat Jalan Di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Akademi Farmasi ISFI,Banjarmasin.

Fitriani, Suci, 2014,Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Dokter Dalam Menuliskan Resep Sesuai Formularium Di RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo,Universitas Hasanuddin,Makasar.
Hastono, S.P, 2010,Statistik Kesehatan, Rajawali Pers, Jakarta.

Imron, Moch, 2009,Manajemen Logistik Rumah Sakit, Sagung Seto, Jakarta.

Krisnadewi, A.K. & Subagio, P.B, 2014, Evaluasi Standar Pelayanan Minimal Instalasi Farmasi RSUD Waluyo Jati Kraksaan Sebelum dan Sesudah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Jember.

Mahfudhoh, Siti, 2014,Faktor Yang Memperngaruhi Kepatuhan Penulisan Resep Sesuai Formularium, Universitas Airlangga,Surabaya.

Nurhayanti, Tri, 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Berkaitan Dengan Waktu Pelayanan Obat Pasien Umum Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi RSUD dr.R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga Tahun 2013, Jurnal Kesehatan, Kusuma Husada.

Purwanto, Heri, 2015,Faktor Penyebab Waktu Tunggu Lama Di Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Blambangan, Jurnal Kedokteran Brawijaya Malang.

Rumah Sakit Medika BSD, 2016,Gambaran Umum Rumah Sakit Medika BSD, Departement HRD. Tangerang Selatan.

Rumah Sakit Medika BSD, 2016,Gambaran Umum Instalasi Farmasi Rumah Sakit Medika BSD, IFRS Medika BSD, Tangerang Selatan.

Rumah Sakit Medika BSD, 2016,Jumlah Resep Masuk dan Obat Kelua, IFRS Medika BSD, Tangerang Selatan.

Rumah Sakit Medika BSD, 2016,Kapasitas Tempat Tidur Rumah Sakit Medika BSD, Departemen Rekam Medis, Tangerang Selatan.

Rumah Sakit Medika BSD, 2016,Kinerja Rumah Sakit Medika BSD. Departemen Rekam Medis, Tangerang Selatan.

Rumah Sakit Medika BSD, 2016, Komposisi Jumlah Pegawai, IFRS Medika BSD, Tangerang Selatan.

Saryono, 2013,Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Dalam Bidang Kesehatan,Nuha Medik,Yogyakarta.

Septini, Renni, 2011,Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Askes Rawat Jalan

Di Yanmasum Farmasi RSPAD Gatot Soebroto Tahun 2011, Skripsi,Universitas Indonesia,Depok.

Setiawan, Dony, 2015,Metodologi Penelitian Kesehatan Untuk Mahasiswa Kesehatan, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sugiono, 2010,Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Alfabeta,Bandung.

Undang-Undang RI No. 44 Tahun 2009, Tentang Rumah Sakit, Jakarta.

Wardhani, Krisma, 2011,Standar Pelayanan Minimal Instalasi Farmasi Untuk Pasien Rawat Jalan RSD dr. Soebandi Jember, Universitas Jember, Jember.

Widiasari, E, 2009,Analisa Waktu Pelayanan Resep di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS Tugu Ibu Depok, Skripsi,Universitas Indonesia,Depok.

Wijaya, Handi, 2012,Analisis Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit Bidang Farmasi Di Instalasi Farmasi Rumah Sakiti Tugu Ibu Tahun 2012, Tesis. Universitas Indonesia,Depok.

Wijono. D, 1999,Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan : Teori, Strategi Dan Aplikasi,Airlangga University Press,Surabaya.

Wongkar, L, 2000,Analisis Waktu Pelayanan Pengambilan Obat Di Apotek Kimia Farma Kota Pontianak. Tesis,Universitas Indonesia,Depok.

Yulianthy, 2011,Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Umum Di Farmasi Unit Rawat Jalan Selatan Pelayanan Kesehatan Sint Carolus Tahun 2011, Tesis, Universitas Indonesia, Depok.
Published
2017-01-01
How to Cite
Shorayasari, S., Resna, R., & Saputra, R. (2017). Analisa Indikator Waktu Tunggu Pelayanan Resep dan Kesesuaian Resep Dengan Formularium Yang Berdampak Pada Pencapaian Standar Pelayanan Minimal Bidang Farmasi. JURNAL KESEHATAN, 2(1), 16-24. Retrieved from http://journal.stikesbanten.ac.id/index.php/Kesehatan/article/view/17