Hubungan Gaya Hidup Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia di RW 007 Parigi Lama Pondok Aren Tangerang Selatan

  • Febriana (Penulis) STIKes Banten
Keywords: Gaya hidup, Konsumsi makanan, merokok, kebiasaan olahraga, stress

Abstract

Penyakit hipertensi sangat dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat. Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya penyakit hipertensi diantaranya, mengkonsumsi makanan, tidak melakukan aktivitas serta tidak berolahraga secara teratur, tidak dapat mengendalikan stress dan adanya kebiasaan merokok. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan gaya hidup dengan kejadian hipertensi pada lansia. Metode penelitian menggunakan metode cross sectional. Penggunaan sampel yang digunakan yaitu Teknik pengambilan sampel dengan teknik total sampling sebanyak 60 responden. Uji analisis menggunakan Uji Chi – Square dengan kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan  gaya hidup didapatkan nilai (p) = 0,004 dengan demikian Ha diterima terdapat hubungan antara gaya hidup dengan kejadian hipertensi.

References

Alimul, Aziz H, 2011, Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data, Salemba Medika, Jakarta:

Depkes RI, 2010. Faktor Resiko Hipertensi. (diakses tanggal 11 maret 2016), http://www.hukor.depkes.go.id/ upprodkepmenkes/KMKNo.114.pdf

Gunawan, 2012, Hipertensi, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Ismael dan Sestroasmoro, 2011, Metode Penelitian, EGC, Jakarta.

JNC 7, 2003, Penangan Hipertensi, YKPN, Yogyakarta.
Kusuma, 2010, Prevalensi Penyakit Hipertensi, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Malonda, N. S. H, 2010, Pola Makan dan Konsumsi Alkohol Sebagai Faktor RisikoHipertensi Pada Lansia di Kota Tomohon Sulawesi Utara, Tesis. UGM. Jogjakarta.

Notoadmodjo, 2010, Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta Jakarta.

Palmer et al, 2007, Tekanan Darah Penderita Hipertensi. Erlangga, Jakarta.

Sa,diyah, 2007, Hipertensi, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Ridwan, 2010, Mengenal, Mencegah, Mengatasi Silent Killer Hipertensi. Pustaka Widyamara, Semarang.

Spikadhara, E.D, 2012, Hubungan Pola Konsumsi Makanan, Gaya Hidup, Lingkar Pinggang Dan Rasio Lingkar Pinggang Dengan Pinggul (RLPP) Terhadap Kejadian Hipertensi Di Puskesmas Kebonsari Surabaya, UNAIR, Surabaya.
Published
2017-01-01
How to Cite
(Penulis), F. (2017). Hubungan Gaya Hidup Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia di RW 007 Parigi Lama Pondok Aren Tangerang Selatan. JURNAL KESEHATAN, 2(1), 54-56. Retrieved from http://journal.stikesbanten.ac.id/index.php/Kesehatan/article/view/23