Hubungan Pola Asuh Day Care Terhadap Status Mental Emosional Anak Pra Sekolah Di Day Care Chrysalis Tangerang Selatan Tahun 2017

  • Hanny Desmiati STIKes Banten
  • Malia Yunita STIKes Banten
Keywords: Pola asuh day care, anak prasekolah, status mental emosional

Abstract

Status mental emosional anak merupakan perubahan yang berlangsung secara bertahap, seperti, kecerdasan, sikap dan tingkah laku. Penelitian ini menggunakan Cross Sectional, sample pada penelitian ini berjumlah 22 responden dengan teknik Total Sampling, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Dapat dilihat bahwa dari 22 responden dapat diketahui bahwa pola asuh pengasuh yang demokratis dengan status mental emosional anak yang normal di dominasikan 10 anak (83,3%). Sedangkan pola asuh pengasuh di Day Care yang tidak demokratis dengan status mental emosional anak yang normal sebanyak 3 anak (30,0%). Hasil analisis Uji Chi-Square didapatkan hasil P value (0,027) <α (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara pola asuh Day Care dengan status mental emosional anak prasekolah. Hasil analisis diperoleh PR = 11,667 artinya pengasuh yang tidak demokratis 11 kali lebih berpeluang membentuk status mental emosional anak menyimpang.

References

Agustiawati, I. 2014. Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi. Jurnal Bandung.

Susanto, A 2011. Perkembangan Anak Usia Dini.
Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.

Drajat, B. chapter II. pdf. [Online] EGC, 14 Juni 2014. [Dikutip:3 Mei 2017. Pukul 22.10 WIB. http://repository.usu.ac.id/bitstream/ handle/123456789/43597/Chapter%20II.pdf; jsessionid=DF36986FF725F532AD9AFE345
BDA2FFE?sequence=4.
Published
2019-06-20
How to Cite
Desmiati, H., & Yunita, M. (2019). Hubungan Pola Asuh Day Care Terhadap Status Mental Emosional Anak Pra Sekolah Di Day Care Chrysalis Tangerang Selatan Tahun 2017. JURNAL KESEHATAN, 2(4), 179-181. Retrieved from http://journal.stikesbanten.ac.id/index.php/Kesehatan/article/view/24