Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia 5 Tahun Yang Mendapat Intervensi Cerita Bergambar di TK Aisyiyah Panongan 1 Kabupaten Tangerang Tahun 2017

  • Bintang Andhika Putra STIKes Banten
Keywords: Anak, Kemampuan berbahasa, bercerita, bergambar

Abstract

Dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia 5 tahun salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan cara pemberian cerita bergambar, karena dengan pemberian cerita bergambar dapat menambah pengetahuan anak, sekaligus mempengaruhi perkembangan bahasa anak, meningkatkan imajinasi sekaligus anak dapat menambah pembendaharaan kata. Penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif pre eksperimental dengan pendekatan one group pre-post test design. Sampel pada penelitian kuantitatif sebanyak 36 orang yang dibagi menjadi 7 kelompok dalam melakukan intervensi. Analisa hasil penelitian menggunakan uji Marginal Homogeneity. Hasil Penelitian ini menunjukkan hasil sig (0,000) untuk permainan tradisional bentengan yang berarti p value < 0,05 pada taraf signifikan maka Ho di tolak dan Ha diterima. Hasil pada penelitian ini menunjukan ada perbedaan kemampuan berbahasa pada anak usia 5 tahun. Diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dimana pemberian cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia 5 tahun.

References

Azkiya, N. R., & Iswinarti. (2016). Pengaruh Mendengarkan Dongeng Terhadap Kemampuan Bahasa Pada Anak Prasekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 04(02), 123-
139.

Bua, M. T., Santoso, A., & Hasanah, M. (2016). Analisis Minat Membaca Permulaan Dengan Cerita Bergambar Di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(9), 1749-1752.

Fatwikiningsih, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Berkomunikasi Dengan Gambar Pada Anak Dengan Ciri Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. Jurnal Sains, 2(3), 226-
242.

Khoiriyah., Ahmad, A., & Fitriani, D. (2016). Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Yang Terlambat Berbicara (Speech Delay). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 36-45.

Mekarningsih, N. K. A. (2015). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Pada Anak. Jurnal Pendidikan. 3(1), 1- 10.

Rahayu, A. Y. (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. PT INDEKS, Jakarta.

Soetjinigsih, C. H. (2012). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak- kanak Akhir. Prenada, Jakarta.

Wong, D. L. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. EGC, Jakarta.
Published
2019-06-20
How to Cite
Putra, B. (2019). Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia 5 Tahun Yang Mendapat Intervensi Cerita Bergambar di TK Aisyiyah Panongan 1 Kabupaten Tangerang Tahun 2017. JURNAL KESEHATAN, 2(4), 182-187. Retrieved from http://journal.stikesbanten.ac.id/index.php/Kesehatan/article/view/25