Pemberian Sari Kacang Hijau Hangat dan Massage Perut Dengan Menggunakan Teknik Huruf Jepang (の= No) Pada Pasien Stroke Dengan Konstipasi

  • Yogie Erlangga Haq STIKes Banten
Keywords: Kacang hijau, Massage perut, teknik huruf Jepang (の= No), Konstipasi

Abstract

Stroke merupakan penyebab kecacatan nomor satu didunia dan penyebab kematian nomor tiga didunia. Penelitian ini bertujuan untuk Diketahuinya efektifitas pemberian sari kacang hijau hangat dan massage perut dengan menggunakan teknik huruf Jepang (の= No) pada pasien stroke dengan konstipasi. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan rancangan preintervensi-postintervensi. Jumlah sampel 27 responden, yang dibagi menjadi 3 kelompok masing- masing kelompok terdiri dari 9 orang kelompok perlakuan dengan pemberian sari kacang hijau hangat 9 responden. Kelompok perlakuan dengan massage perut teknik huruf Jepang (の= No) 9 responden, dan kelompok gabungan (dengan perlakuan pemberian sari kacang hijau hangat dan massage perut teknik huruf Jepang (の= No) sebanyak 9 responden). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna dalam mengatasi konstipasi sebelum dan setelah intervensi pada kelompok perlakuan dengan pemberian sari kacang hijau hangat (p = 0,000). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian sari kacang hijau hangat efektif dengan konstipasi.

References

Anggraeni, D.M., & Saryono. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. Nuha Medika, Yogyakarta.

Arisman. (2007). Gizi Dalam Daur Kehidupan.
Penerbit Buku Kedokteran, Jakarta.

Dewanto, George. (2009). Panduan Praktis Diagnosa & Tatalaksana Penyakit Saraf. EGC, Jakarta.

Hidayat, A. Aziz Alimul. (2008). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Salemba Medika, Jakarta.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta.

Rahayu, Sri, dkk. (2014). Hubungan Frekuensi Stroke Dengan Fungsi Kognitif Di RSUD Arifin Achmad.

Tjay dan Rahardja. (2007). Obat-Obat Penting: Khasiat, Penggunaan dan Efek-Efek Sampingnya. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

UPT yankes ITB. (2008). Konstipasi: Penyebab dan Cara Penanganan yang Tepat. Diakses tanggal 20 April 2016 dari http://yankes.itb.ac.id/?page_id =365.
Published
2019-06-20
How to Cite
Haq, Y. (2019). Pemberian Sari Kacang Hijau Hangat dan Massage Perut Dengan Menggunakan Teknik Huruf Jepang (の= No) Pada Pasien Stroke Dengan Konstipasi. JURNAL KESEHATAN, 2(4), 188-195. Retrieved from http://journal.stikesbanten.ac.id/index.php/Kesehatan/article/view/26