Hubungan Usia, Paritas, Pendidikan dan Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Pemeriksaan ANC di Puskesmas Wilayah Ciputat Timur

  • Nuntarsih (Penulis 1) STIKes Banten
  • Dorsinta Siallagan STIKes Banten
  • Siti Amelia Nugraha STIKes Banten
Keywords: Usia, Paritas, Pendidikan, Dukungan keluarga, Kepatuhan

Abstract

Cakupan pelayanan kesehatan ibu hamil di Provinsi Banten tahun 2014 cakupan K1 ada sebanyak 93,6% dan cakupan K4 ada sebanyak 84,3%. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisa bivariat. Hasil Penelitian dari 95 responden yang patuh melakukan pemeriksaan ANC berdasarkan usia 20-30 tahun ada sebanyak 80,2%, sedangkan usia <20 atau >35 tahun yang patuh sebanyak 57,1%. Berdasarkan paritas untuk primipara yang patuh sebanyak 77,4%, sedangkan yang multipara yang patuh sebanyak 76,8%. Berdasarkan pendidikan yang berpendidikan SMA-PT yang patuh sebanyak 84,0%, sedangkan pendidikan SD-SMP yang patuh sebanyak 50,1%. Dan untuk dukungan yang dukungan baik dan patuh sebanyak 82,9%, sedangkan dukungan yang kurang baik yang patuh sebanyak 38,5%. Kesimpulan, bahwa ada hubungan antara pendidikan dengan dukungan keluarga terhadap kepatuhan pemeriksaan ANC dan tidak ada hubungan antara usia dengan paritas terhadap kepatuhan pemeriksaan ANC. Diharapkan agar lebih meningkatkan promosi pelayanan antenatal, melalui pemberian pendidikan kesehatan dalam bentuk penyuluhan mengenai pentingnya pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayinya sehingga dapat menurunkan angka kematian ibu dan bayi saat melahirkan.

References

Alimul, Hidayat Aziz. 2007. Metodologi penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. Salemba Medika, Jakarta.

Christiani, Ninik. 2014. Hubungan Usia Ibu Hamil Dengan Kepatuhan ANC Di Puskesmas Suruh Kabupaten Semarang.

Effendy. 2005. Keperawatan Keluarga. EGC, Jakarta.
Gita Nirmala Sari, Shentya Fitriana, Dina Hartaty
Anggraini. 2014. Faktor Pendidikan, Pengetahuan, Paritas, Dukungan Keluarga dan Penghasilan Keluarga Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelyanan Antenatal Di Puskesmas Wilayah Jakarta Timur.

Kusmiati. 2008. Perawatan Ibu Hamil. Fitramaya, Yogyakarta.

Lumempouw, Gabriel A. 2015. Hubungan Antara Pengetahuan, Status Pendidikan Dan Status Pekerjaan Ibu Dengan Kunjungan Antenatal Care Di Puskesmas Teling Atas Kecamatan Wanea Kota Manado.

Mufdlilah. 2009. Antenatal Care Fokus. Nuha Medika, Yogyakarta.

Notoatmodjo, Prof. Dr. Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2007. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Kerja, Jakarta.

Notoatmojo. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan.
Rineka Cipta, Jakarta.

RI, Depkes. 2008. Profil Kesehatan Indonesia. s.n., Jakarta.

RI, Depkes. 2010. Profil Kesehatan Indonesia.
Depkes RI, Jakarta.

Rohan dan Sitoyo H, S. 2013. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi. Nuha Medika, Yogyakarta.
Setiadi. 2018. Konsep dan Proses Keperawatan Keluarga. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Unzila. 2007. Buku Dukungan dan Motivasi. EGC, Jakarta.
Published
2019-06-20
How to Cite
(Penulis 1)N., Siallagan, D., & Nugraha, S. (2019). Hubungan Usia, Paritas, Pendidikan dan Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Pemeriksaan ANC di Puskesmas Wilayah Ciputat Timur. JURNAL KESEHATAN, 2(4), 196-201. Retrieved from http://journal.stikesbanten.ac.id/index.php/Kesehatan/article/view/27