Analisis Pengetahuan Ibu Hamiltentang Perilaku Seksual Pada Kehamilan Trimester 3 Di Puskesmas Wilayah Tangerang Selatan

  • Nuntarsih .
  • Hanny Desmiati
  • Mardi Yana
Keywords: Pengetahuan, Kehamilan, Perilaku Seksual

Abstract

Seorang wanita akan mengalami banyak perubahan pada fisik dan mentalnya, dikarenakan ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Perubahan-perubahan yang terjadi selama kehamilan tersebut dapat mempengaruhi aktivitas seksual ibu dalam pola kehidupan dan kelangsungan kehamilannya. Wanita hamil, terutama pada kehamilan trimester 3 dapat merasakan ketidaknyamanan dan merasa kurang nikmat saat berhubungan seksual, namun pada sebagian besar wanita tidak perlu menghindari hubungan seksual pada kehamilan trimester 3. Penelitian ini merupakan penelitian yang menganalisis hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner serta pendekatan cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh ibu hamil trimester 3 dari bulan April dan Mei, pengambilan sampel menggunakan rumus minimal sampel dan didapat 40 sampel dengan cara penetapan sampel menggunakan non random sampling secara quota sampling. Peneliti menggunakan analisa bivariat, dimana dilakukan terhadap 2 variabel yang diduga berkolerasi antara pengetahuan ibu hamil tentang perilaku seksual pada kehamilan dengan perilaku seksual pada kehamilan trimester 3. Dari 40 responden ibu hamil, ibu yang memiliki pengetahuan yang baik mengenai perilaku seksual pada kehamilan trimester 3 lebih banyak yaitu sebanyak 62,5 % dan pengetahuan yang kurang baik sejumlah 37,5 %. Perilaku seksual yang baik pada kehamilan trimester 3 juga lebih banyak yaitu sebanyak 72,5 % dan perilaku seksual yang kurang baik sejumlah 27,5 %. Kesimpulan terdapat hubungan antara pengetahuan ibu hamil tentang perilaku seksual pada kehamilan dengan perilaku seksual pada kehamilan trimester 3.

 

Keywords: Pengetahuan, Kehamilan, Perilaku Seksual

References

1. Sagiv M, Dafna-Reiss., Birnbaum, Gurit E, Safir., Marilyn P. 2012. Change in Sexual Experience and Relationship Quality During Pregnancy. s.l. : Arch Sex Behav.
2. Muhammad, K. H., Mulia, S. M., & Wahid, K. M. 2012. Fiqh Seksualitas : Risalah Islam Untuk Pemenuhan Hak-Hak Seksualitas. Jakarta : PKBI.
3. Putra, Anugrah L. 2013. Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Seksual Pada Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Sekaran Semarang. Semarang :Universitas Muhammadiyah Semarang.
4. Farhani, Fitri. 2014. Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Hubungan Seksual Saat Kehamilan di Wilayah Sukabumi Utara. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
5. Suyoprajogo. 2009. Psikologi Kehamilan. Jakarta : EGC.
6. Sari, Utami Febriana Sandy, Tria Puspita. 2012. Gambaran Tentang Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Trimester III Tentang Hubungan Seksual Selama Kehamilan. Surakarta : Akbid PKU Muhammadiyah.
7. Palupi Dewi Setyowati, Lina Darmayanti B, SST. 2011. Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Hubungan Seksualitas Selama Masa Kehamilan. Sidoarjo : RB Bunda Medika, Vol. 2.
8. dr. Irfan Rahmatullah, Sp.OG. 2016. 9 Bulan Dibuat Penuh Cinta, Dibuat Penuh Harap. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
9. Arief, Nurheni. 2008. Panduan Lengkap Kehamilan dan Kelahiran Sehat. Yogyakarta : AR Group.
10. Dariyani Siti, Restu Octasila. 2016. Status Resiko 4 Terlalu (4t) Pada Ibu Hamil Dilihat Dari Pengetahuan Dan Sikapnya Di Puskesmas Kecamatan Pondok Aren Tahun 2016 jurnal medicordhif : Akademi Perekam Medis & Informasi Kesehatan Bhumi Husada Jakarta.
Published
2020-08-10
How to Cite
., N., Desmiati, H., & Yana, M. (2020). Analisis Pengetahuan Ibu Hamiltentang Perilaku Seksual Pada Kehamilan Trimester 3 Di Puskesmas Wilayah Tangerang Selatan. JURNAL KESEHATAN, 8(1), 23-28. Retrieved from http://journal.stikesbanten.ac.id/index.php/Kesehatan/article/view/80